Pages

Pakaian Tradisional



Seperti halnya Indonesia yang mempunyai pakaian khas (pakaian tradisioanal) yaitu batik, Korea juga mempunyai pakaian khas yang disebut dengan Hanbok. Hanbok adalah pakaian yang dikenakan rakyat Korea dan juga keluarga Kerajaan pada zaman Joseon. Desain hanbok sangat anggun menutupi seluruh bagian tubuh baik untuk laki-laki ataupun wanita, untuk laki-laki desain hanbok lebih simple daripada untuk wanita.

Pada jaman Kerajaan Joseon hanbok yang digunakan Raja berbeda dengan rakyat biasa. Kalau hanbok yang digunakan oleh raja, permaisuri, ibu suri, dan putra mahkota pada bagian depan (dada) dan pundak kanan-kiri terdapat simbol kerajaan yang dipasang cukup besar, sedangkan keluarga kerajaan yang lain misalnya selir, pangeran, ataupun putri hanbok yang digunakan seperti kepunyaan rakyat biasa, hanya saja hanbok yang digunakan untuk keluarga kerajaan wanita pada bagian depan kain yang digunakan lebih panjang daripada hanbok yang digunakan oleh rakyat biasa. Tetapi biasanya pada hanbok untuk wanita besar kecil kemekaran rok yang digunakan adalah tergantung status sosialnya, jika wanita tersebut adalah seorang bangsawan maka rok yang digunakan juga mekarnya lebih besar daripada rakyat biasa.

Pemakaian Bahan dan warna hanbok di jaman dahulu tidak sembarangan. Kaum Bangsawan pada umumnya memakai hanbok berbahan dasar serat rami dan berwarna-warna yang indah. Sedangkan rakyat biasa hanya memakai bahan yang murah karena mereka tidak mampu membeli hanbok yang berbahan mahal dan warna yang digunakan adalah warna patel, seperti putih, kuning pucat dan biasanya berwarna sama antara atasan dengan bawahan. Hingga saat ini, orang Korea masih sering memakai Hanbok di upacara-upacara atau hari peringatan seperti Chuseok atau Seol-nal (hari Imlek).

Perbedaan hanbok keluarga kerajaan dengan juga rakyat biasa :

  1. Hanbok Raja, Putra Mahkota, Permaisuri, dan Ibu Suri



















  2. Anggota keluarga kerajaan selain diatas, misal seorang Selir 





















        3. Bangsawan



0 komentar:

Posting Komentar