Pages

Makanan Tradisional Korea


Disamping alat musik seperti halnya Indonesia dan juga negara-negara asia lainnya Korea juga mempunyai makanan tradisional yang menjadi konsumsi mereka sehari-hari dan disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Diantara makanan tradisional Korea adalah : 

     1. Kimchi











Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang sangat terkenal, terbuat dari sayuran yang difermentasi dan dibumbui dengan bumbu pedas, sayuran yang biasa digunakan untuk kimchi adalah sawi putih dan lobak. Cara membuatnya dengan dicuci bersih dan digarami, setelah itu sayuran dicampur dengan bubuk cabai merah dan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih,dan jahe.

Sebenarnya kimchi dibuat dan dipersiapkan untuk musim dingin karena mereka tidak bisa bercocok tanam selama musim dingin. Oleh karena itu, mereka diawetkan untuk mengkonsumsi sayuran pada musim dingin.

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis bahan dasar yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi, dan berbagai makanan lain.





  2.   Bulgogi












Bulgogi adalah makanan tradisional Korea yang berbahan dasar daging, baik daging sapi, daging ayam maupun daging babi. Bulgogi merupakan makanan daging utama di Korea. Bulgogi dibuat dari daging yang biasanya diasinkan dengan dicampuri kecap, bawang putih, bawang merah, minyak wijen, daun bawang, jus pir, mrica, garam, gula, anggur, yang didiamkan selama 2 hingga 4 jam untuk meningkatkan keempukan dan rasa yang enak.
Bulgogi biasa disajikan dengan daun slada yang digunakan untuk membungkus daging yang dimasak dengan saus khusus, beras dan lauk pauk lainnya dan dimakan secara keseluruhan.

            3. Kimbab


 










Kimbab adalah makanan ringan khas Korea yang masih sangat digemari hingga saat ini. Bahan dasar kimbab adalah nasi, daging, sayuran yang diacar ataupun yang masih segar. Sedangkan isinya beragam, mulai dari ikan, telur, daging iga sapi, daging kepiting yang sudah dibumbui. Sayuran yang digunakan biasanya adalah bayam, wortel, muji, dan mentimun.
Kimbab dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering yang disebut dengan gim. Nasi dibumbui dengan minyak wijen dan garam, degan isi omelet, daging, dll. Kimbab dipotong menjadi ukuran kecil disajikan dingin dengan daun muji dan kimchi.

kimbab mirip sekali dengan makanan Jepang yaitu shusi, oleh karena itu kimbab dikenal juga dengan nama Korea shusi.
 

 

0 komentar:

Posting Komentar